Jumat, 17 Februari 2012

KAMMI Yogyakarta Unjuk Rasa Tolak Mobil Dinas



YOGYA (KRjogja.com) - Belasan mahasiswa yang tergabung dalam Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Kota Yogyakarta melakukan unjuk rasa di kantor DPRD Kota Yogyakarta, Jumat (17/2). Massa menolak rencana pengadaan mobil dinas yang dianggap menyakiti hati rakyat dimana pengadaannya menggunakan dana Rp 1,28 miliar dari APBD.

Massa lalu diterima anggota dewan Danang Wahyubroto (Demokrat) dan Bambang Anjar Jalumurti (PKS) untuk mengadakan audiensi di ruang rapat dewan. Koordinator aksi Rifadly Kadir mengatakan, pihaknya menolak tegas rencana Muspida Kota Yogyakarta tersebut. "Kami minta dewan untuk tegas menolak rencana ini, karena akan menyakiti hati rakyat. Masih banyak rakyat yang belum sejahtera dan dewan harus membela mereka," katanya.

Anggota dewan dari Demokrat Danang Wahyubroto, menyatakan sepakat jika pengadaan mobil dinas layak untuk ditolak. Hal ini karena masalah mekanisme aturan main, dimana masing-masing instansi pusat muspida seperti Polri Kejaksaan dan TNI sudah memiliki anggaran mobil dinas untuk daerah dari APBN.

“Sebenarnya roh mobil dinas, berkaitan dengan pemerintah daerah untuk membantu teman-teman muspida menjalankan fungsinya. Untuk kesiapan mitra kerja meng-handle tamu-tamu dari Jakarta. Tapi tidak memakai anggaran daerah," tegasnya.

Sementara Bambang Anjar Jalumurti mengaku, DPRD Kota Yogyakarta dan eksekutif selama ini sudah membantu pengadaan kendaraan dinas instansi vertikal, seperti mobil pick-up untuk polres dan motor untuk Kodim. Yang masih perlu dibahas yakni kenapa dalam rencana pengadaan ini mobil yang dipilih merk tertentu yang terbaru dan anggarannya sebesar itu.

"Ini harus dipertimbangkan lagi. Alokasinya di triwulan terakhir (keempat). Kita akan coba akomodasi pembahasan di anggaran perubahan. Apa harus bentuknya seperti itu, anggarannya sebesar ituu, atau bisa dialihkan untuk anggaran publik. Saya sepakat ini harus dievaluasi kembali, di anggaran perubahan," tegasnya. (Den)

sumber : http://krjogja.com/read/118964/kammi-yogyakarta-unjuk-rasa-tolak-mobil-dinas.kr

0 komentar:

Posting Komentar